Cara Mudah Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Advertisement

Rylaid.com – Cara Mudah Meningkatkan Pertumbuhan Anak Orang tua mana yang tidak senang melihat anaknya tampak gemuk dan sehat serta selalu ceria. Pasti semua orang tua akan senang dan tenang melihat anaknya tumbuh sehat dan gemuk. Memang, untuk menjadi sehat tidaklah harus gemuk, namun perlu kita ketahui, untuk usia anak anak berat badan merupakan salah satu ciri atau ukuran dan parameter dari kesehatan anak itu sendiri. Kita tentu pernah mendengar istilah tumbuh kembang pada anak, nah tumbuh kembang yang dimaksud adalah pertumbuhan badan anak, dimana anak akan terus mengalami pertumbuhan tinggi badan, serta kembang dalam hal ini adalah perkembangan kesehatan dan sel sel yang ada dalam tubuh anak itu sendiri. Baik sel otak yang berhubungan dengan kecerdasan anak maupun sel otot yang berhubungan dengan kekuatan dan tenaga seorang anak.

Dalam hal ini tumbuh kembang anak adalah pertumbuhan fisik anak dan perkembangan kecerdasan dan sel tubuh dari anak itu sendiri. Anak akan dikatan kurang berkembang jika dia mempunyai perkembangan sel dan fungsi tubuh yang tidak maksimal.

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Cara Mudah Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Cara Mudah Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Di indonesia, berat badan seorang anak menggunakan para meter hitungan dari departemen kesehatan. Secara umum   perhitungannya adalah sebagai berikut : anak yang baru berusia satu tahun beratnya adalah minimal 3 kali berat saat ia masih bayi dan baru dilahirkan ibunya. Kebenemudian saat si anak berusia 2 tahun yang dibutuhkan adalah 4 kali badan ketika ia lahir. Apabila kita mau lebih detail lagi, pada bayi yang berusia 3 bulan, berat idealnya adalah pada bulan pertama pertambahan berat badan sekitar 700 gram hingga 1000 gram, lalu pada bulan kedua kenaikan idealnya adalah 700 gram, serta pada bulan ketiga adalah sekitar 500 gram. Begitu seterusnya hingga usia balita, ada perhitungan dasar tersendiri untuk melihat perkembangan anak. Apabila pertumbuhan anak kurang dari perhitungan standar tersebut, berarti anak dianggap kurang baik pertumbuhan dan perkembangannya.

Lalu, faktor apa saja yang membuat anak tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan ideal? Berikut adalah beberapa hal yang membuat anak kita kurang dapat tumbuh dan berkembang.

Penyebab Pertumbuhan Anak Tidak Berkembang

  1. Kurangnya Asupan Gizi untuk anak kita
    Kadang sebagai orang tua, kita sudah merasa memberikan makanan yang berkualitas yang mengandung nutrisi yang tinggi serta menu gizi seimbang yang mengandung; karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tapi ternyata pada kenyataannya, kita tidak menyadari, bahwa aktivitas anak jauh lebih banyak hingga mereka seharusnya mendapatkan nutrisi dan gizi yang lebih untuk menunjang aktifitas mereka.
  1. Sering mengalami sakit, atau mudah jatuh sakit
    Anak menjadi kurang nutrisi dan gizi bisa disebabkan karena anak tersebut menderita penyakit yang membuatnya menjadi lesu, kurang bergairah dan kurang nafsu makan, hal ini akan berakibat pertumbuhan anak terhambat dan tubuh menjadi lebih kecil dan kurus.

Dari penjelasan diatas, kita lalu bertanya, bagaimana cara kita mengatasi hal tersebut? Bagaimana membuat anak menjadi tumbuh dengan sehat. Berikut adalah tips cara mudah meningkatkan pertumbuhan anak.

Cara mudah membuat anak anda gemuk dan sehat

  1. Berikan anak asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya
    Dalam hal ini, jika anak nampak kurus bukan karena sakit, sebaiknya kita tingkatkan asupan gizi anak dengan memberikan makanan yang mengandung gizi yang tinggi dan dengan kuantitas yang sesuai dengan aktifitas dia sehari hari.
  1. Atur jadwal makan anak
    Perlu kita ketahui, bahwa sebenarnya anak usia 1 hingga balita, mempunyai frekuensi untuk makan adalah setiap 3-4 jam sekali. Jadi jaga waktu makan anak, beri makanan yang bergizi dan mengandung protein yang tinggi agar perkembangan dan pertumbuhannya terjamin.
  1. Memberi Nutrisi dan protein tambahan.
    Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh anak balita adalah protein albumin. Yaitu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh anak balita kita, yang berfungsi untuk perbaikan dan pertumbuhan pada anak.

Dengan tiga cara diatas, kita harapkan akan dapat meningkatkan pertumbuhan anak secara maksimal. Jangan lupa baca juga Cara Memperlancar ASI ibu sebagai tambahan untuk meningkatkan pertumbuhan anak anda

Cara Mudah Meningkatkan Pertumbuhan Anak | Rylai ID | 4.5